Senin, 27 Februari 2012

Salahkah Aku Jika Menjadi Fans Chelsea?


Tulisan saya kali ini akan menjawab banyak pertanyaan ataupun sindiran dari teman-teman yang mengatakan kalau fans Chelsea yang sekarang adalah fans karbitan, fans glory hunter, dan masih banyak istilah lainnya. Jawaban ini saya anggap perlu untuk membuka pikiran kita masing-masing, salahkah jika menjadi fans Chelsea? (Bukan Chelsea Olivia lho ya..hehe). Untuk menjawab pertanyaan tersebut, akan saya ungkap beberapa alasan dan fakta simpelnya.

Kalian inget gak sih, kapan pertama kali Liga Inggris ditayangin di TV nasional? Yups, kalo gak salah sekitar awal tahun 2000-an, tepatnya mungkin antara 2001-2002. Sebelum itu, tontonan kita tiap minggu adalah Liga Italia Serie A, sempat beberapa musim Bundesliga juga ditayangin. Klub apa yang menjadi idola kalian pada saat itu? Juve? Milan? Inter? Atau Real Madrid dengan Los Galacticosnya? Mungkin ada dari beberapa teman yang udah suka MU, Arsenal, Liverpool, Barcelona, dll. Tetapi saya juga meragukan kecintaan kalian terhadap klub-klub tersebut, karena intensitas kemunculan mereka di TV sangat jarang, karena hanya dapat dilihat di Champions League, kecuali yang pada saat itu di rumahnya udah ada TV kabel atau parabola. Sebelum tahun 2000-an itu, saya juga sempat menyukai Liga Italia karena tontotan tiap minggunya adalah Liga Italia Serie A. Terhadap klub Italia tersebut saya hanya sekedar suka nonton saja, tidak menjadi pendukung, apalagi  fanatik. Semenjak Liga Inggris mulai tayang di TV nasional, saya mulai mengikutinya. Saya gak silau dengan nama besar MU, Arsenal, ataupun Liverpool dengan deretan trophy yang telah mereka raih. Ada satu klub yang menarik perhatian, Chelsea FC. Saat itu mungkin sekitar musim kompetisi 2001-2002, saat Zola dkk masih bermain, dan saya udah suka. Jadi alasan yang pertama adalah faktor TV sangat berpengaruh. Karena TV, banyak yang suka klub-klub  elit di eropa, bukannya klub-klub elit di amerika latin, seperti Santos, River Plate, dll. #1

Banyak yang mengatakan, Sejak kapan kalian suka Chelsea? Saya tau pertanyaan itu berupa sindiran. Seperti yang telah saya utarakan pada alasan pertama, Liga Inggris mulai tayang di TV nasional sekitar awal 2000an, dan sejak itu pula saya suka Chelsea. Pada saat itu umur saya mungkin sekitar 14-15 tahun, dan untuk menjadi seorang fans, saya rasa itu umur yang cukup muda. Umur saya sekarang 24, itu artinya sudah sekitar 10 tahun saya jadi fans Chelsea. Walaupun demikian, kecintaan saya terhadap sepakbola sudah jauh sebelum itu, mungkin sejak umur  8 tahun. Tetapi saya balik bertanya kepada teman-teman, Sejak kapan kalian menjadi fans klub masing-masing? Umur 4 tahun? 6 tahun? 8 tahun? Saya rasa seawal-awalnya anda menjadi fans suatu klub, paling-paling sekitar akhir 90an atau awal 2000an. Itu artinya apa? Kita menjadi fans klub masing-masing pada waktu yang hampir bersamaan. Yang membedakan adalah jalan kita masing-masing, anda jadi fans, MU, Liverpool, Arsenal, Barca, Madrid, dll, saya jadi fans Chelsea. Dan pada saat itu sampai sekarang status klub-klub kalian adalah klub elit eropa, bandingkan dengan dengan Chesea yang statusnya masih anak bawang. Lalu mengapa lagi dipertanyakan sejak kapan saya suka Chelsea? Mengapa tidak kalian tanyakan pada yang lainnya, Sejak kapan kalian suka Barca, MU, Madrid, Inter, dll? Saya bisa saja jadi fans Madrid yang banyak gelarnya, ataupun Barcelona dengan Ronaldinho dan Messinya yang jarang mengalami kekalahan, atau jadi fans MU karena sudah banyak gelar yang dihasilkan bersama Ferguson, tetapi saya lebih memilih untuk jadi fans Chelsea, karena itu pilhan hati dan hak saya. Sebenarnya bisa saja saya berbalik yang mengatakan, Ah, kamu jadi fansnya kan karena dia jadi favorit di setiap turnamen dan gelarnya udah banyak. Tetapi untuk apa saya mengatakan hal itu, itu kan udah hak pribadi masing-masing.  #2

Fans klub mana yang jumlahnya paling banyak??? Chievo? West Ham? Racing Santander? Atau Werder Bremen? TIDAK kawan!!! Jawabannya adalah Real Madrid, Barcelona, MU, Liverpool, Juventus, dan klub-klub elit eropa lainnya. Kenapa?  Jawabannya simple kok, karena mereka adalah favorit juara di liga masing-masing atau di kejuaraan Eropa sehingga sering mendapatkan kemenangan dan meraih banyak piala dari berbagai kejuaraan tersebut. Alasan lainnya adalah karena klub tersebut diisi oleh sederet pemain bintang. Lihat pemain-pemain Madrid, MU, Barca, pernah gak diisi sama pemain-pemain kelas dua? Hampir semua pemainnya adalah pemain top dan mempunyai skill tingkat tinggi. Iya kan? Kami (fans Chelsea) tidak mempermasalahkan hal itu, itu wajar kok. Tetapi kenapa kalian nyinyir dan sinis ketika pada tahun 2002-2003 Abramovich membangun Chelsea menjadi salah satu klub yang tangguh? Bukankah untuk menjadi juara di setiap kompetisi dibutuhkan pemain-pemain yang bagus? Untuk mendapatkan pemain-pemain bagus dibutuhkan uang. Dan kebetulan Abramovich punya itu. Salah? Kawan, klub idola kalian udah mapan, banyak pemain bagus. Pada era Abramovich, Chelsea cuma menyejajarkan kualitas pemain-pemainnya dengan klub-klub elit eropa lain kok, karena kalian udah punya sederet bintang di klub masing-masing. Alasannya simpel, agar bisa bersaing dengan klub-klub kalian. Salah? #3

Banyak yang menganggap fans Chelsea adalah glory hunter. Ketawa dulu ah.. HAHAHAHA. Apa kabar kalian Madridista, Manchunian, Liverpudlian, Barcelonista, Juventini, Gooners, dll? Kenapa kalian gak jadi fansnya Bari, Sunderland, Norwich, dll yang hobinya kalah dan miskin gelar? Renungkan kawan. Jumlah fans berbanding lurus dengan prestasi, itu rumus. #4

Ada sebagian fans klub lain yang memandang rendah dan mengolok-olok fans Chelsea karena klub mereka lebih banyak gelarnya. Saya pribadi sih gak masalah. Tetapi saya balik bertanya, Siapa sebenarnya yang glory hunter? Saya tau kok, klub kalian udah sangat sering juara liga. Jumlahnya gak sedikit,  19, 18, 27, 35, dan sering juga jadi juara Champions League. Tapi apakah semua gelar itu diraih pada saat kalian udah jadi fansnya? Gak kan? Kalian terlahir sebagai fans mereka pada saat di lemari mereka sudah banyak tersimpan piala-piala bergengsi yang berkilauan. Kecintaan kalian dikarenakan prestasi-prestasi mereka pada masa lalu dan sampai sekarangpun eksistensi mereka masih mentereng.  Jadi apakah pantas kalian menyombongkan hal itu? Sekali lagi, siapa yang pantas disebut glory hunter? Sebaliknya, ketika saya menjadi fans Chelsea, belum banyak prestasi yang bisa dibanggakan. Tetapi perjuangan untuk meraih gelar demi gelar itu benar-benar kami rasakan. Betapa nikmatnya setelah 50 tahun baru menjuarai liga kembali. Walaupun dalam beberapa tahun terakhir Chelsea miskin gelar, kami tetap jadi fansnya kok, dan tidak mengurangi kecintaan kami. Dan sampai sekarangpun kami masih berharap untuk memenangkan Liga Champions. Apakah kalian merasakan perjuangan dan penantian gelar juara seperti yang kami rasakan kawan? Tidak, karena semua gelar itu sudah banyak kalian menangkan. Sekali lagi, siapakah yang pantas disebut glory hunter? #5

Tulisan ini mungkin hanya sedikit keluh kesah dan uneg-uneg saya terhadap sebagian teman-teman yang sering mengecilkan kami sebagai fans Chelsea. Maksud saya bukan untuk menjadi provokator, tetapi hanya sebagai bahan renungan bagi kita semuanya bahwa sangat penting untuk menghargai setiap fans  klub apapun. Di akhir tulisan ini, saya ucapkan terima kasih bagi yang telah menyempatkan untuk membaca tulisan ini, mohon maaf kalo kurang berkenan bagi teman-teman. Keep The Blue Flag Flying High. Salam.

4 komentar:

  1. kereeeeeen...

    Keep The Blue Flag Flying High

    BalasHapus
  2. Kisah kita sama bro.. mau nonton Chelsea di tahun 1999-2000 kami belum dpt siaran... sy cuma mengikuti berita Chelsea lewat tabloid Bola... ferrer, desailly, babayaro dkk.. hehehe..

    BalasHapus
  3. Adohh,,keren sekali bro opininya.!
    kalau boleh diibaratkan,,berarti saya mengibaratkan opininya itu seperti gol penentu kemenangan bagi chelsea fc vs watford

    BalasHapus
  4. Adohh,,keren sekali bro opininya.!
    kalau boleh diibaratkan,,berarti saya mengibaratkan opininya itu seperti gol penentu kemenangan bagi chelsea fc vs watford

    BalasHapus